Warga Senang, Kades Pasirwangi H Ayi  Bangun  Jalan  dari DBH

Primaderma Skincare

Garut, jurnalkotatoday.com

Kepala Desa (Kades)  Pasirwangi, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, H Ayi Sutisna sudah mengalokasikan dana bagi hasil (DBH) dari bonus produksi panas bumi Darajat.

Bacaan Lainnya

“Dana bagi hasil tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan lingkungan di beberapa titik, dan juga untuk pemberdayaan ekonomi sektor UMKM,” katanya, Rabu (26/4/2023).

Di antara jalan yang dibangun adalah jalan dari kampung Barujaya sampai Kiarabongkok. H Ayi sangat terkesan dengan pembangunan jalan tersebut. Ia mendapatkan pengalaman yang berharga.

Pasalnya kata H Ayi, jalan tersebut selama ini belum pernah tersentuh oleh pembangunan. Jalan tersebut sangat becek kondisinya ketika hujan.

Warga sangat mengidam-idamkan pembangunan jalan tersebut. Oleh karena itulah ketika direalisasikan pembangunan di sana, warga sangat antusias membantu.

H Ayi bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas waktu itu nyaris meneteskan air mata karena terharu. Melihat antusiasme warga yang begitu tinggi, Ia sangat gembira.

Pengalaman itulah yang membuat H Ayi begitu terkesan dengan pembangunan jalan tersebut.

Volume jalan yang dibangun sendiri, memiliki panjang 700 meter dan lebar antara 1,5 sampai 2 meter. Sekarang ini kondisinya sudah diaspal sehingga tidak lagi becek dilalui warga. Warga sudah nyaman melalui jalan tersebut.

“Begitu mau lebaran warga minta supaya pakaian dan sepatu tidak becek, alhamdulillah sudah diaspal dengan pengerasan dulu, baru diaspal,” ujarnya.

Kemudian untuk pemberdayaan ekonomi sendiri yaitu bantuan terhadap petani jamur di Kampung Babakan Pasirwangi. H Ayi menyalurkan  untuk meningkatkan perekonomian petani setempat.

Total anggaran DBH ini menurut H Ayi, untuk pembangunan fisik sebesar Rp. 221 juta  direalisasikan pembangunannya untuk 3 titik,  di antaranya jalan Barujaya dan kiara Bongkok,  sementara untuk UMKM sebesar Rp. 30 juta.

Penulis: H.Ujang Slamet/Saepul Zihad

Primaderma Skincare
Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan