Kolaborasi Sekolah, DLHK dan Forum Bank Sampah Menuju Generasi Cinta Bumi

Primaderma Skincare

Kab. Tangerang, Jurnalkotatoday.com

 

Bacaan Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang bersama Ketua Forum Bank Sampah menggelar sosialisasi pelaksanaan bank sampah di SMAN 06 Kabupaten Tangerang, Kamis (04/01/2024).

 

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara sekolah, DLHK, dan Forum Bank Sampah dalam rangka mengurangi sampah di lingkungan sekolah. Implementasinya dilaksanakan langsung oleh para murid khususnya di SMAN 06 Kabupaten Tangerang.

 

Kepala DLHK, Fachrul Rozi meyakini kegiatan tersebut akan mengurangi sampah. Selain itu, para murid bisa mendapatkan hasil dari pengumpulan sampah berupa buku tabungan yang bisa dicairkan untuk kebutuhan mereka.

 

“Dalam kegiatan sosialisasi hari ini, nantinya para murid akan melaksanakan bank sampah dengan konsep pengumpulan sampah sesuai kategorinya di setiap kelas. Pihak sekolah telah memilih beberapa anak yang aktif untuk menjadi pengurus bank sampah tersebut,” ujarnya.

 

Ia juga berharap pada program bank sampah yang dilaksanakan oleh para murid bisa membantu mengurangi sampah serta bisa mengedukasi murid agar peduli terhadap lingkungan baik di sekolah maupun di rumah.

 

“Dengan adanya bank sampah di sekolah diharapkan mereka mendapat manfaat terutama dalam pemilihan sampah yang tepat, ketika mereka paham dengan kegiatan yang mereka lakukan nantinya mereka dapat mengedukasi di lingkungan masing-masing agar menjadi generasi cinta bumi,” harapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Bank Sampah Susiyanti, mengatakan, kolaborasi dengan SMAN 6 Kabupaten Tangerang sejalan dengan program sekolah yaitu pembelajaran kokurikuler yang akan mempertajam karakter siswa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu berupa disiplin, tanggung jawab dan mandiri.

 

“Kami sudah menjelaskan bagaimana pengumpulan sampah yang benar, selanjutnya para murid dengan kreatifitasnya serta tanggung jawabnya terhadap komitmen mereka yang akan melanjutkan. Karena sepintar apapun mereka, dengan adanya tanggung jawab, sosialisasi serta kreatifitas akan menjadi lebih hebat lagi,” tutupnya.

 

Penanggung Jawab Bank Sampah dari Staf Kurikuler SMAN 06 Halyubiah menambahkan, kegiatan bank sampah masuk dalam pembelajaran kokurikuler dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam pembelajaran ekstrakurikuler. Pembelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan bakat dan minat peserta didik.

 

Penulis: Firli

Primaderma Skincare
Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *