Si Jabir Lahap Hoaks, tapi Tak Pernah Termakan Hoaks

Primaderma Skincare

Celoteh Si Jabir, Jurnalkotatoday.com

Pagi ini saya sudah melahap tiga Hoaks, tapi ada satu Hoaks yang ‘pedas bangat’, mungkin sudah banyak yang Baper karena narasi vidio ini,” kata si Jabir kepada Ucok yang sedang asyik ngutak-ngatik HP-nya di rumah Jabir.

Bacaan Lainnya

“Hoaks yang mana?,” tanya Ucok ‘ogah-ogahan’.

“Yang itu, yang puluhan orang berpakaian Dayak seperti dalam pesawat, dibilang warga negara asing (WNA) asal China  mau ke Ibu Kota di Kalimantan Timur. Mereka disebut sebagai calon penghuni Ibu Kota Nusantara (IKN). Itu Hoaks, udah banyak media yang memberitakannya. Vidionya benar, tapi narasinya yang Hoaks,” tegas si Jabir.

Seperti ini narasi yang disematkan dalam video itu di sebuah Facebook pada 4 Mei 2022. “WNA China calon penghuni IKN sudah mulai berdatangan mempergunakan tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan..
Semoga tragedi MANGKOK MERAH jilid 2 akan terjadi..”

Padahal, faktanya, bukan warga China calon penghuni IKN di Kalimantan. Orang-orang di video itu adalah Suku Dayak Iban Sarawak yang terbang dari Miri, Sarawak, Malaysia ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia pada 30 April 2022 menggunakan pesawat Air Asia.

“Mereka pergi ke Kota Kinabalu, Sabah, untuk tampil dalam serangkaian acara kebudayaan pada 1-3 Mei 2022, seperti yang tertulis di media,” si Jabir menjelaskan.

“Oh begitu,” timpal Ucok, matanya tetap ke arah HP di tangannya.

“Tapi jangan terlalu sibuk kau urusin Hoaks, nanti kau ketularan,” celetuk Ucok.

“Kau ga usah takut, aku baca berita Medsos dan nonton vidio, aku lahap dan aku makan itu semua, tapi aku ga pernah termakan hoaks. Aku terus mencari tahu, supaya tidak termakan hoaks,” tegas Jabir.

“Lahap hoaks, tapi jangan termakan hoaks,” pesan si Jabir.

PS/7/Mei/22

Primaderma Skincare
Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *