Bank Sampah Jadi Solusi Jaga Kebersihan Lingkungan

Primaderma Skincare

Kabupaten Tangerang, jurnalkota.id
Sampah plastik masih menjadi masalah lingkungan di Indonesia, terutama di kota-kota besar yang mempunyai kepadatan penduduk. Hal itu akan lebih diperparah dengan tingkat kesadaran yang rendah dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjadikan permasalahan sampah plastik semakin sulit dikendalikan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, warga Perumahan Rajeg Terrace RT 02/RW 015 Desa Sukamanah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang membentuk Bank Sampah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sampah sementara sebelum disortir kemudian dijual kepada pengepul.

Bacaan Lainnya

Seperti kegiatan pada Minggu (14/6/2020) di mana warga setempat  memilih dan memisahkan sampah menjadi beberapa kelompok. warga diajak untuk mengumpulkan sampah kering seperti plastik, kardus, kaleng bekas dan lain-lain di rumah masing-masing kemudian petugas akan berkeliling mengambil sampah yang sudah terkumpul untuk dibawa ke bank sampah.

“Selanjutnya sampah tetsebut akan kembali dipilih dan dikelompokkan sesuai jenisnya seperti plastik, kertas, besi maupun aluminium,” kata Ketua RT02/RW 015 Aan Isbandi.

Ia mengajak warga untuk lebih aktif lagi terlibat dalam kegiatan tersebut karena selain bisa menjadi solusi mengatasi masalah kebersihan lingkungan juga bisa menambah kas yang nantinya digunakan untuk kepentingan warga. “Saya mengajak semua warga untuk selalu menjaga kebersihan dan aktif dalam kegiatan bank sampah ini sebagai upaya mengurangi masalah sampah plastik di lingkungan kita,” ujarnya.(Sya)
Penulis: Firli Gunawan

Primaderma Skincare
Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *